G.O.D (Gold, Oil & Diamonds) #1st

Di era pengetahuan penting bagi kita mengetahui dasar-dasar yang membentuk perekonomian kita (dan dunia). Sejak berabad-abad lamanya emas telah digunakan oleh berbagai bangsa sebagai alat tukar paling dipercaya karena kandungan nilai materinya yang lebih dari pada yang lain. 

Walaupun alat tukar saat ini telah berubah menjadi 'uang kertas', namun setidaknya 3 komoditas ini tetap menjadi primadona di mata dunia. Mengapa demikian? karena begitu uang kertas benar-benar kehilangan nilainya karena inflasi (akibat bank yg mencetak uang seenaknya), ujung-ujungnya kita akan kembali lagi kepada 3 komoditas ini juga : Gold, Oil & Diamonds..

--------------
G.O.L.D
--------------
Emas adalah suatu logam yg berwarna kuning, mengkilat, berat, lembek, lunak, dan elastis. Emas banyak ditemukan karena perhiasan-perhiasan di dunia ini umumnya menggunakan logam mulia ini. Emas juga digunakan untuk membuat komponen elektronika, perisai radiasi pada jendela, dan sebagainya.



Penggunaanya dalam bidang moneter dan keuangan berdasarkan nilai absolut dari emas itu sendiri terhadap berbagai mata uang di seluruh dunia. 

Negara-negara penambang emas terbesar di dunia meliputi, Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, dan Tiongkok. Di Indonesia, kandungan emas sangat banyak terutama di pulau Papua. Harga emas saat ini merupakan yg tertinggi di antara logam lainnya.

FAKTA : baru 20% dari total  emas di seluruh dunia yang telah dibuat perhiasan & investasi. 80% lainnya belum digali & ditemukan.

Sebuah negara tanpa cadangan emas yang cukup, sementara barang dan jasa tidak ada peningkatan, maka akan terjadi inflasi ekonomi yg tak terkendali. Bisa berdampak pada komoditas lain, seperti naiknya kebutuhan pokok (sembako). Maka emas menjadi salah satu indikator kekuatan ekonomi sebuah negara, seperti contohnya Amerika Serikat.

Amerika Serikat adalah negara penimbun emas terbanyak di dunia. Maka jika suatu saat uang kertas tidak berlaku lagi karena inflasi, maka AS adalah negara yang paling stabil. (setidaknya untuk kalangan para penguasa elit swasta)

Pada elektronik, emas digunakan juga pada perangkat seperti processor komputer, usb konektor, dan juga kartu SIM GSM.

Menurut Yokohama Metal CO Ltd, sebuah perusahaan pemulung, ponsel dan kartu SIM merupakan tambang emas yang benar-benar hebat. Jika dari satu ton material yang diambil di tambang emas hanya di dapat sekitar 5 gram emas, maka dari satu ton ponsel bekas yang dilebur bisa didapatkan 30x lipat, alias 150 gram emas.


-----------
O.I.L
-----------
Ketika revolusi indutri dimulai, tenaga manusia digantikan oleh mesin, dunia mulai mengenal minyak bumi sebagai bahan bakar mesin. Minyak bumi berasal dari bahasa latin ‘petroleum’ yang terdiri dari petra yang berarti batuan dan oleum yg berarti minyak. Jadi petroleum berarti minyak batuan. 

Minyak (dan gas bumi) biasa disebut juga hidrokarbon, karena penyusun utamanya C (Carbon) dan H (hydrogen). Menurut teori organik, minyak dan gas bumi sebagai hidrokarbon terbentuk sebagai hasil proses kimiawi alam (tekanan, pemanasan min 200F, dan waktu yg lama min 6 juta tahun) dari organik sisa-sisa kehidupan yang berupa algae/ganggang yang semula hidup di kedalaman laut/danau yg selanjutnya terendapkan dalam lapisan kulit bumi berupa batuan yg berukuran halus (batuan lempung atau serpih halus clay/shale).




Minyak bumi yang belum diolah disebut minyak mentah (crude oil) dan belum dapat digunakan. Minyak mentah diolah dengan cara dipisah-pisahkan berdasarkan titik didihnya. Hasilnya berupa bensin, solar, avtur, minyak tanah, aspal, plastik, oli, dan LPG.

Pertama kali orang mengenal minyak bumi ini di daerah Mesopotamia. Bahkan menurut sejarah, orang China sudah mencoba mengebor minyak bumi sejak sebelum zaman masehi. Industri minyak bumi pertama kali ada di Glasgow, Amerika Serikat. Dimulai ketika orang menemukan cara untuk mengubah minyak bumi menjadi minyak lampu di abad ke-19.

Saat ini, tiga negara yang memproduksi minyak terbanyak adalah Arab Saudi, Rusia, dan Amerika Serikat. Sekitar 80% minyak dunia dihasilkan dari Timur Tengah, dengan 62,5% berasal dari Arab 5: Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Irak, Qatar, dan Kuwait. Akhir-akhir ini sering kita jumpai konflik  di Timur Tengah disinyalir akibat ulah para kapitalis dunia yang ingin menguasai komoditas berharga ini.

------------------------
D.I.A.M.O.N.D.S
------------------------
Intan yg digosok akan menghasilkan berlian, begitulah kata salah satu kamus terjemahan bahasa Inggris. Menurut sejarahnya nama berlian sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yg artinya ‘Tak Terkalahkan”. 

Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya seperti prisma. Sifat-sifat inilah yg membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.


Intan dikategorikan sebagai batuan permata yg paling keras. Intan berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang juga mengandung atom dan karbon. Pada kenyataannya Intan merupakan kristal transparan yang mengikat empat bagian karbon atom. Batu berlian terbawa ke permukaan bumi melalui letusan vulkanik.

Karena sifatnya, yang keras & indah, intan banyak digunakan sebagai perhiasan dg mempertimbangkan faktor 4C : Cut (irisan), Clarity (kejernihan), Colour (warna) dan Carat Weight (dimensi ukuran & berat). Hasilnya berupa berlian yang memiliki nilai estetika & ekonomi yang sangat tinggi. Kesempurnaan sifat optik dan mekanik, dikombinasikan dengan pemasaran yang efisien, membuat berlian menjadi batu permata yang paling populer. Wah, Tuhan memang benar2 ada di dalam detail!

Intan/berlian adalah bahan alami yang dikenal paling sulit tergores. Jika diukur dengan skala Mohs kekerasan mineral, intan mempunyai skala kekerasan paling sulit (skala 10). Maka dari itu intan juga digunakan pada berbagai industri, salah satunya digunakan sebagai mata bor untuk pengeboran minyak bumi. Bisa kita bayangkan seberapa kerasnya itu?


Intan terutama ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan intan yg signifikan telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brasil dan Australia. Di Indonesia sendiri intan telah lama ditambang di kawasan Martapura, Kalimantan Selatan.

3 komoditas itulah yang saat ini menjadi primadona di mata dunia. Namun sayang, saat ini ketiganya dikuasai hanya oleh segelintir elit saja, didominasi oleh 3 keluarga terkaya di dunia yg dikenal sebagaiAlmighty G.O.D” (ceunah..)



Namun pada akhirnya, setinggi apapun harganya, jika tidak bisa dimakan ya apalah artinya? Kau tahu apa maksudnya? Artinya, tanah air kita jauh lebih berharga dibanding belahan bumi manapun yang ada di dunia. Namun, karena disilaukan oleh keuntungan sesaat, kebanyakan dari kita malah menggadaikannya.. aneh bukan!!?









..to be continued. Insya Allah!   Read PART-2 here!




0 comments :

Posting Komentar